Kamis, 03 Oktober 2019

Berkunjung ke Pasar Lumpur Ledokombo

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan luar ruangan

Sejak lama, ingin mengajak anak-anak ke pasar lumpur Ledokombo, sekalian main ke Tanoker yang fenomenal. Ingin mengenalkan pada anak-anak, suasana dan nuansa tradisional yang kini kian terkikis. Agar mereka masih bisa mengenal kekayaan nusantara dan kearifan masyarakat.

Ledokombo memiliki jarak tempuh sekitar satu jam perjalanan dari tempat tinggal kami. Perjalanan ke sana relatif lancar dengan infrastruktur yang cukup baik. Suasana desanya masih terasa. Lokasi pasar lumpur sendiri agak melosok. Sehingga untuk orang yang memiliki ingatan terbatas soal jalan, rute dan lokasi seperti saya, perlu punya guide yang mumpuni :)

Saat kami datang, acara sudah dimulai. Dimulai dengan senam bersama. Saya dan keluarga melihat saja dari kejauhan. Ibu Ciciek dan suami terlihat berkeliling menyapa pengunjung dengan ramah. Acara berikutnya, pengunjung dipersilahkan untuk belanja di sejumlah stan yang tersedia dengan kupon khusus sebagai alat tukarnya.


Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, rumput, pohon, luar ruangan dan alam


Ada beberapa pilihan nominal yang tersedia. Mulai dari seribu, dua ribu hingga lima ribu rupiah. Belanja jadi seru. Serasa kembali ke jaman dahulu :) Ada sejumlah stan yang bisa jadi pilihan. Mayoritas adalah kuliner dengan menu tradisional pastinya. Tersedia juga menu yang kekinian seperti mie ayam tapi dengan bahan-bahan alami seperti terlihat di pict berikut.


Gambar mungkin berisi: makanan

Selain makanan dan minuman sehat, tradisional dan terbilang murah, ada juga stan aksesoris. Barangkali ingin mencari cinderamata sebagai bukti otentik pernah ke Tanoker dan Pasar Lumpur Ledokombo :)

Puas dan kenyang dengan kulinernya, saatnya menyaksikan permainan bola di kolam lumpur. Mesti agak jauh-jauh ya lihatnya kalau tidak mau kecipratan.


Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, sepatu dan luar ruangan

Ini kolam lumpurnya. Kami foto-foto dulu sebelum permainan dimulai.

Meski kunjungan kami relatif singkat, namun cukup berkesan. Berharap bisa datang lagi ke even ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;