Sabtu, 17 Mei 2014

Sarapan yang Baik untuk Tubuh dan Jiwa

Sumber Foto : suprememastertv.com

Dalam food combining, meminum air perasan jeruk nipis di pagi hari sebelum makanan dan minuman lain termasuk 'wajib' hukumnya karena sejumlah manfaat penting yang dimilikinya. Bagi saya pribadi, meminum minuman ini biasanya akan membuat kontrol diri terhadap makanan kurang sehat dan berlebih sepanjang hari, menjadi lebih baik dibanding jika makanan/minuman pertama yang saya santap adalah mie instant atau roti bakar dan segelas kopi/coklat misalnya.

Soal jeruk nipis ini sekali lagi membuat saya merasa menemukan keterkaitan antara food combining dengan tazkiyatun nafs. Apalagi tatkala mendengar sharing seorang ummahat dengan 3 balita yang luar biasa beberapa waktu lalu.

"Pagi-pagi, biasanya hal pertama yang saya pikirkan dan lakukan bukan soal dapur yang berantakan, atau cucian piring dan baju yang menumpuk, rumah yang seperti kapal pecah. Selagi anak-anak belum bangun, sebisa mungkin menyempatkan qiyamul lail dulu, terus tilawah, lanjut sholat sunnah sebelum subuh, sholat subuh, terus dzikir. Ini dulu deh amunisi yang harus dipersiapkan supaya bisa melalui 'pertempuran' hari itu dengan hati adem" katanya. Hiks, saya nyengir kuda dalam hati mendengarnya :) Yang anaknya 3 dan masih kecil-kecil juga, ibadahnya masih komplit euy :)


'Amunisi' dan 'ritual' pagi si ibu mirip dengan ritual pagi pelaku food combining, pikir saya dalam hati. Tubuh dan jiwa memang memiliki 'sarapan'-nya masing-masing. Dan benar, 'sarapan' yang baik biasanya menentukan bagaimana suasana hati kita di sepanjang hari yang akan kita lalui.

Kalau pagi-pagi, 'sarapan' untuk jiwa dan ruhiyah kita mirip 'sarapan'-nya si ibu tadi, qiyamul lail, tilawah, sholat sunnah dan subuh tepat waktu plus dzikir, InsyaAllah tentram dan bahagia sepanjang hari walau harus menghadapi tiga krucils yang subhanallah menguras kesabaran. Tapiiii, kalau pagi-pagi langsung buka FB, BBM, terus baca yang merusak mood, masih ditambah lagi dengan tayangan TV dan koran dengan berita yang menjenuhkan dan memprihatinkan, setidaknya ada sebagian kebahagiaan kita yang telah dirampasnya.....

2 komentar:

  1. Saya belum nyoba nih setiap pagi minum air dgn perasan jeruk nipis :p beneran bagus ya mbak? hehe, malah nanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sih merasa it's better di perut dan mood dari minuman lainnya Mbak :) Misal minum kopi ya, pas waktu minum enak, tapi setelah itu biasanya perut agak mules. Begitu juga dengan coklat susu, biasanya agak mual setelahnya. Tapi jeruk nipis, apalagi tanpa gula, bikin bergidik pas minumnya :)

      Hapus

 
;