Senin, 24 Februari 2014

Mana yang Lebih Baik, Ibu Bekerja atau Ibu Rumah Tangga?

Foto dari iburumahtangga.com


Saya sering merasa salut pada ibu bekerja, yang meskipun harus bekerja dari pagi hingga sore bahkan sesekali harus ke luar kota atau ke luar negeri, sebagian dari mereka tetap bisa menjaga kualitas perhatiannya pada anak-anak dan mengantarkan mereka menjadi generasi yang cemerlang. Bukan hal yang mudah menjalankan dua peran sekaligus dengan baik karena waktu yang dimiliki oleh ibu bekerja juga sama dengan yang lain, yakni 24 jam.

Tapi saya juga salut pada ibu yang mendedikasikan seluruh waktunya untuk keluarga.

Sebagian ibu dari kelompok yang kedua ini seringkali harus berjuang keras melawan rasa bosan dan pemberontakan dari dalam diri terutama mereka yang berlatar belakang pendidikan tinggi atau yang semula pernah bekerja hingga mendapatkan posisi karir yang bagus. Belum lagi, ibu dari kelompok ini juga acapkali menuai stigma inferior dari lingkungan bahkan keluarga besar.

Lalu, mana yang terbaik?

Pertanyaan di atas mengingatkan saya pada ungkapan seorang teman,

"Surga itu di bawah telapak kaki ibu. Hanya disebutkan 'ibu' dan tidak disebutkan secara spesifik bahwa surga anak berada di bawah telapak kaki ibu bekerja ataupun di bawah telapak kaki ibu rumah tangga; tapi ibu yang memang menjalankan peran ke-ibu-annya dengan baik, tak penting apa statusnya, ibu bekerja ataukah ibu rumah tangga".

Saya setuju dengan kalimat di atas dan ingin menambahkan, 'jika memang seorang ibu sanggup melakukan dua peran sekaligus, bekerja sekaligus mengurus rumah tangga, dan bekerja itu memang baik baginya dan ada manfaatnya bagi umat dalam banyak konteks, lakukan saja. Tapi jika tidak sanggup, dan mudharatnya lebih banyak dari manfaatnya, fokus mengurus rumah tangga saja adalah pilihan yang lebih baik. Sedang bagi yang sanggup menjalankan dua peran sekaligus namun lebih memilih menjadi ibu rumah tangga, juga pilihan yang baik bahkan sangat baik, karena ini memang fitrah dan tugas utama seorang perempuan yang sudah menikah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;