Minggu, 06 Oktober 2013

Mewujudkan Pertumbuhan Digital yang Berkualitas


Sumber Foto : liputanbisnis.com


Pengakses internet nirkabel atau mobile broadband di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Harapan bagi Indonesia untuk segera lepas landas menjadi bangsa yang berdaya saing tinggi di kancah global seakan sudah di depan mata. Target 40 persen dari total populasi masyarakat yang terkoneksi internet tak lama lagi akan segera terealisasi. Meski demikian, terdapat sejumlah catatan yang perlu diperhatikan agar pertumbuhan digital yang tinggi benar-benar bisa berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing global Indonesia.



Pertama, pertumbuhan digital yang tinggi harus diselaraskan dengan pemerataan akses yang optimal ke seluruh penjuru Tanah Air dan segenap lapisan masyarakat sebagaimana diamanahkan dalam Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Artinya, tren mobile broadband harus bisa dimanfaatkan sebagai salah satu solusi potensial untuk mengatasi kesenjangan digital atau digital gap yang masih menganga cukup lebar di banyak wilayah dan status sosial serta ekonomi masyarakat Indonesia saat ini.


Kedua, pertumbuhan digital yang tinggi juga harus diselaraskan dengan pemanfaatan yang optimal di banyak sektor kehidupan. Karena hingga saat ini, digitalisasi di daerah masih banyak digunakan untuk keperluan dan kepentingan yang terbatas. Misal hanya dalam konteks pemerintahan, pendidikan, dunia usaha dan sebagainya. Pemanfaatan yang terintegrasi dan holistik akan memberi dampak dan manfaat yang jauh lebih besar bagi masyarakat dan bangsa.


Ketiga, pencapaian tujuan di atas hanya akan terwujud apabila semua stakeholder mulai dari industri digital, dunia usaha, pemerintah dan masyarakat, terlibat aktif dan bersinergi satu sama lain dalam rangka mengoptimalkan digitalisasi di Tanah Air.




Mahakarya untuk Indonesia


Sebagai salah satu provider utama dalam industri seluler di Tanah Air, Telkom Indonesia melalui Telkomsel membidik tren gaya hidup digital berbasis ponsel atau mobile based digital lifestyle business saat ini sebagai momentum strategis untuk mengukuhkan diri sebagai yang terdepan sekaligus mengambil bagian penting dalam mengakselerasi daya saing bangsa melalui program digitalisasi. Beberapa terobosan yang dilakukan antara lain melalui pengadaan layanan Mobile Broadband dan Mobil GraPARI. Mobile Broadband merupakan salah satu upaya konkrit untuk mengembangkan jaringan broadband di Tanah Air dalam rangka menjembatani kesenjangan digital.
 

Agar pemerataan dan pemanfaatan mobile broadband semakin optimal hingga ke pelosok daerah dan segenap lapisan masyarakat, Telkomsel juga meluncurkan 268 unit Mobile GraPARI Indonesia (MGI) ke berbagai penjuru Tanah Air. Program ini tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan pelayanan dan penjualan produk hingga ke pelosok, namun sekaligus menyebarkan edukasi mengenai teknologi  dan promosi terkait pendidikan dan budaya bangsa. Rasa nasionalisme juga mendapat perhatian yang besar dari Telkomsel karena sesuai dengan komitmennya untuk turut membangun rasa nasionalisme dalam diri anggota masyarakat. Kelompok masyarakat potensial yang dibidik melalui program ini antara lain tenaga pendidik dan wirausaha UMKM. 


Komitmen yang nyata dan terobosan yang strategis ini diharapkan dapat berkontribusi optimal tidak hanya dalam rangka mendongkrak pertumbuhan digital yang tinggi di Tanah Air namun juga pertumbuhan digital yang berkualitas sehingga terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan bangsa yang berdaya saing tinggi bisa terakselerasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;