Senin, 07 Oktober 2013

Mencoba Jenis Tulisan Baru, Kenapa Tidak?

Salah satu tulisan jenis baru saya yang dimuat di majalah Ummi edisi Mei 2013:)


Beberapa tahun lalu, membayangkan tulisan saya akan dimuat di sejumlah media keren seperti Kompas, Jawa Pos, Republika dkk untuk surat kabar, lalu Femina, Ummi dan Parenting untuk majalah, seperti pungguk merindukan bulan saja :) Rasanya terlalu jauh untuk dijangkau kedua tangan saya. Karena itu, saya tidak berani berangan terlalu tinggi, hanya terus menulis dan menulis. Sampai akhirnya, satu per satu media yang selama ini hanya bertahta di angan, akhirnya bisa ditembusi, meski tidak semuanya, dan meski mungkin hanya sekali dua kali saja. Bagaimanapun, saya sangat bersyukur, Alhamdulillah. Ternyata benar adanya, tak ada mimpi yang tak mungkin diraih bila kita sungguh-sungguh ingin meraihnya.

Dan tahun ini bisa dibilang adalah tahun yang istimewa bagi saya, karena tiga tulisan saya berhasil menembus 3 majalah keren yakni Majalah Ummi (Mei), Femina (Juli) dan Parenting (September). Ketiga tulisan saya lumayan cepat dimuat. Tapi tak hanya ini yang membuatnya istimewa bagi saya. Sebab lainnya adalah karena tiga tulisan tersebut agak berbeda dengan jenis tulisan saya sebelumnya yang cukup sering dimuat di media, yang berjenis Opini, dengan karakteristik yang kaku dan agak berat.

Sebab lainnya juga adalah karena ketiga tulisan tersebut sebenarnya adalah tulisan 'iseng' yang saya tujukan sebagai terapi untuk mengatasi kemandegan saya dalam menulis pasca menyelesaikan mahakarya yang sangat menguras tenaga dan pikiran : tesis :) Biasanya tulisan jenis sharing seperti ketiga tulisan tersebut saya posting di blog. Tapi kali ini saya ingin tau, apakah tulisan saya tersebut layak dimuat di media? Untuk mengetahui hasilnya, saya harus ekstra sabar. Bila 'masa tunggu' koran biasanya hanya dalam hitungan hari, maksimal dua minggu, maka untuk majalah tiga menunggu terbilang waktu yang cepat. Jadi, dari pada tersiksa dengan penantian yang tidak jelas, saya memilih melupakan, dan benar-benar nyaris lupa. Sampai kemudian dihubungi oleh media yang bersangkutan, atau diberitahu teman, bahwa tulisan saya dimuat.

Sesekali memang perlu mencoba jenis tulisan baru. Bukan untuk mengejar predikat sebagai penulis serba bisa. Kadang kita memerlukannya untuk mengatasi kejenuhan atau mengembalikan semangat menulis yang hilang. Mulailah dengan yang paling mudah dan menyenangkan.

Selamat Mencoba...... :)

4 komentar:

  1. mbak,saya mau tanya. bagaimana sih bisa nulis yang baik itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut para senior, terus berlatih adalah kunci untuk menguasai sebuah keahlian dengan baik Mbak, termasuk menulis....:)

      Saran saya, biasakanlah menulis, walau hal-hal yang sederhana. Mulailah dari yang kita sukai, good luck ya....

      Hapus
  2. kalo dari pengalaman mbak di atas, jenis tulisan baru apa yang mbak jelajahi? bagaimana mengatasi "lompatan" (perpindahan menggarap berbagai jenis tulisan) itu mbak? perkiraan saja, mungkin tanpa sadar gaya bahasa yang sudah biasa dipakai pada satu jenis tulisan akan mengganggu ketika kita coba menulis jenis yang lain, betul tidak mbak?

    saya masih belajar menulis, belum pernah di muat di media apapun, makanya ngebet pengen nimba ilmu di blog ini.... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mungkin lebih berminat pada jenis tulisan non fiksi yang berkarakter kaku dengan bahasa yang seringkali dianggap 'berat' oleh kebanyakan orang, maka fiksi saya anggap sebagai ranah baru bagi saya :) Salah satunya tantangan besarnya adalah mengubah cara bertutur yang semula sangat formal menjadi lebih santai dan mengalir :)

      Perbedaan karakter dua jenis tulisan di atas jelas cukup terasa bagi saya, maka untuk menjembataninya saya mencoba menulis jenis tulisan semacam curhat atau sharing. Jadi, ceritanya nyata namun disampaikan dalam bahasa yang mengalir. Kebetulan di sejumlah media, terutama media khusus perempuan, banyak tersedia rubrik yang bisa menampung jenis tulisan ini. Alhamdulillah, saat uji coba jenis tulisan ini, 3 tulisan saya berhasil dimuat :)

      Hapus

 
;