Sabtu, 26 Januari 2013

Cara Sederhana Mengenali Potensi Diri

Foto dari sini
Mungkin banyak di antara kita yang hingga kini belum bisa membaca potensi diri. Andai jawabannya "ya", tak perlu gusar. Tak ada kata terlambat untuk membaca potensi diri. Dan jika potensi diri itu terasa begitu abstrak bahkan nyaris tak terdeteksi, jangan berkecil hati dulu. Percayalah, setiap makhluk diciptakan dengan potensinya masing-masing. 



Ada sejumlah langkah sederhana untuk mendeteksi potensi diri. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencoba mengenal diri sendiri lebih dekat. Bagaimana caranya? Pertama, tanyakan apa yang Anda suka. Kedua, tanya apa yang Anda inginkan?

Ketika Ayat-ayat Cinta Habiburrahman Elshirazy dan Laskar Pelangi Andrea Hirata meledak di pasaran, saya termasuk orang yang juga berambisi membacanya. Ada tiga motivasi besar yang melatarbelakangi.


Pertama, antara 10-15 persen motivasi saya adalah ingin tau alur ceritanya; sekitar 30 persen lainnya saya ingin belajar bagaimana cara dan karakter tulisan mereka sebagai referensi. Sedangkan lebih dari 50 persen sisanya, saya ingin menulis dan menghasilkan karya nyata seperti mereka. Ya, motivasi terbesar saya membaca buku-buku mereka adalah motivasi yang berorientasi pada produksi, sementara tujuan konsumtif hanya menempati sejumlah kecil persen saja. 

Bakat seseorang juga bisa dinilai dari caranya menyikapi keadaan. Orang yang memiliki bakat terhadap suatu bidang, biasanya ia bisa melihat peluang dari bidang yang diminatinya tersebut. Suatu penglihatan atau feeling yang mungkin tak terlihat, tak terpikirkan atau bahkan dianggap tidak mungkin oleh orang lain. 


Jika Anda sudah mengenal diri dan potensi yang Anda miliki, maka saatnya untuk focus dan membangun impian. Teruslah berlatih dan jangan pernah menyerah. Jangan pula melewatkan kesempatan untuk menjadi seorang pemenang. Apapun bakat dan minat Anda!

35 komentar:

  1. Kalo aku potensiku apa ya.. yang aku suka duit, yang kuinginkan juga duit :DD #matre

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau begitu, cari aktualisasi yang bisa cepat mendatangkan duit :)

      Hapus
  2. saya sudah tau impian saya..

    cuma pengen bermanfaat untuk orang lain .

    tapi lewat apa ya?? hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. menulis bisa membuat kita menjadi bermanfaat bagi banyak orang Mbak Hana :)

      Hapus
  3. Insya Allah saya udah punya impian . . .

    BalasHapus
  4. Mohon dukungannya mbak...hehehe...intip2 blokku ya mbak..http://www.korsela-gadisku.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Saya baru menjadi penulis pemula, bagaimana mengasah terus agar tulisan makin berkarakter dan bermutu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering saja menulis Mbak Ina, apapun itu. Seiring waktu, kemampuan menulis akan kita terasah, semangat ya :)

      Hapus
  6. kadang kesempatan datang tapi lewat begitu saja... hiks... tanda tidak mengenali potensi diri ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, tidak juga sih Mbak, coba untuk lebih berkomitmen saja :)

      Hapus
  7. Assalamu'alaikum wr wb

    Mbak Rini, nice post. sudah tahu apa yang disuka dan apa yang diinginkan, tetapi belum berani mengambil langkah lebih lanjut. kalau begitu gimana mbak? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Mbak Yuniar, selanjutnya (menurut saya) tentu harus berani mencoba dan terus mencoba, jangan malu untuk memulainya dari nol :)

      Hapus
  8. Postingannya menarik, sekedar melengkapi .. mudah-mudahan dapat diterima. http://aswan67.blogspot.com/2013/02/delapan-cara-mengenali-potensi-diri.html

    BalasHapus
  9. Saya suka pekerjaan yang bersih..
    Dan sangat suka membantu orang lain dalam menyelesaikan masalahnya, apalagi yang berhubungan dengan masalah emosional..
    Saya juga sangat penyayang pada binatang peliharaan,
    Saya sndiri juga trmasuk org yg tak trlalu suka bnyak bicara namun bukan pendiam..
    Walaupun saya tdak tau apakah itu smua ada hbungannya atau tidak.. Tapi kira2 ada tidak profesi apa atau bakat seperti apa yg saya miliki dlam hal trsebut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya buka seorang 'pembaca' bakat dan pekerjaan yang pas untuk seseorang, hanya saja sekilas membaca deskripsi karakter Mbak Aulia, sepertinya koq pas untuk jadi seorang psikolog ya :)

      Dalam bayangan saya, salah satu peran penting seorang psikolog adalah membantu orang lain menyelesaikan masalahnya, sehingga ia akan lebih banyak mendengar daripada berbicara. Tentu, dibutuhkan sikap empati yang tinggi sebelumnya untuk bisa memahami persoalan orang lain yang salah satunya tanda itu bisa terlihat dari sikap yang menyayangi binatang peliharaan misalnya.

      Selamat berpetualang untuk lebih mengenali diri Mbak Aulia :)

      Hapus
  10. Terimakasih artiklenya, salam kenal dari feeling navigator

    BalasHapus
  11. saya suka tidur dan tidak telalu suka hal terlalu rumit, terus dalam bekerja di banding memakai otak saya lebih suka memakai otot

    kira" g mana mbak ?

    BalasHapus
  12. gw punya bakat dimusik, sudah sering juara, dan punya bnyak lagu yg udh sering juara jga..
    tp org tua mau.a gw kuliah yg bukan dimusik....
    trus gw jg ga punya uang buat promosiin lagu" band gw..
    vokalis gw jg sibuk kuliah...
    tp gw ngerasa punya potensi dan bakat dibidang ini...
    What should i do??

    BalasHapus
  13. aslamkum.. mbak saya punya impian.. tapi gak ada yang kenyataan.. lain kurnecanakan lain yang terjadi.. dulu sya ingin kuliah jurusan kesmas tapi sya lulus dikimia smpai skrang...!!! jdi apa yang harus sya lakukan..?? dan sya juga belum tahu potensi diri sya..

    BalasHapus
  14. Bahkan saya tidak tau apa yang kusuka,,

    BalasHapus
  15. saya izin mencoba, mohon saran

    tujuan saya mempunyai usaha
    saya belum bisa menilai diri saya sendiri
    saya suka menggunakan teknologi terkhusus komputer
    saya suka membuat blog ( sumingsuming.blogspot.com )
    saya juga suka tehnik
    saya suka menjual dan menawarkan
    saya bisa dan suka menggunakan aplikasi komputer
    saya suka bersosialisasi, walaupun saya suka kehabisan kata2 saat berbicara dengan lawan bicara
    saya suka berada dalam perjalanan
    hal yang saya kurang suka, mengabaikan hak orang lain.

    intinya saya masih kurang bisa menilai diri saya.

    saya ingin merasakan jadi model, aktor, presenter, motivator
    saat kecil, saya selalu ditunjuk untuk ceramah agama (sd - smp kelas1)

    saya masih belum bisa menilai diri saya sendiri, mohon bantuan dan sarannya.
    terima kasih

    BalasHapus
  16. Saya senang baca novel terjemahan, dan bljr b.inggris, trs cita2 saya ingin melanjutkan sekolah ke salah satu negara eropa, jd bakat saya apa dong? Bingung ini._.

    BalasHapus
  17. Saya senang baca novel terjemahan, dan bljr b.inggris, trs cita2 saya ingin melanjutkan sekolah ke salah satu negara eropa, jd bakat saya apa dong? Bingung ini._.

    BalasHapus
  18. kesukaan sy banyak tuh, sy rasa sudah tau potensi diri saya....cuma g due modal hihkhihkhihk

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum..
    saya suka duit (bisness sendiri tanpa boss).
    Saya inginkan pendapatan pasif lagaknya seorang pencen setiap bulan...
    jadi bagaimana seterusnya?

    BalasHapus
  20. saya punya impian tapi bingung di mulai dari mna buat meraihnya

    BalasHapus
  21. Thanks sob untuk informasinya :)
    http://goo.gl/wz7Qha

    BalasHapus
  22. Keren juga cara menerangkannya.. Sampai membandingkan dengan keinginan produksi
    Thanks buat tips mencari potensi diri nya ya

    BalasHapus

 
;