Jumat, 16 November 2012

The Crisis at Thirty

Apa yang paling membanggakan di  usia tiga puluh……?

Menjelang usia duapuluh, sepertinya pertanyaan yang paling sering dilontarkan adalah “Kuliah di mana? Ambil jurusan apa?”. Ya, di usia ini hal yang paling membanggakan nampaknya adalah studi.


Di usia duapuluh limaan, pekerjaan sepertinya adalah yang paling sering ditanyakan. Dan di usia tigapuluhan, pertanyaan paling popular sepertinya adalah “Anakmu sudah berapa?”. Ah, ini hanya keisengan saya saja membuat list ini.

Ada di antara kita yang mungkin mampu “menjawab” ketiga pertanyaan di atas dengan baik. Kuliah di universitas ternama dengan jurusan favorit; setelahnya memiliki pekerjaan yang mapan dan prospektif, lalu memiliki keluarga kecil yang bahagia. SEMPURNA…..


Tapi ada juga yang mungkin hanya memiliki satu atau dua di antaranya. Kuliah oke, pekerjaan juga gak masalah, tapi di usia tiga puluh ia speechless ketika harus menjawab pertanyaan “Anakmu sudah umur berapa?”.  Bagi sebagian orang, terutama mgk perempuan, pertanyaan ini mgk sangat menohok. Betapa tidak, jangankan anak, calon pasanganpun bahkan mungkin belum jelas. Sebagian yang lain mungkin menganggapnya bukan masalah, bahkan mungkin justru bangga jika di usia tiga puluh masih bebas terbang kemana-mana. Ada pula sebagian dari kita yang mungkin tak memiliki semuanya.

Ketiga pertanyaan di atas terkadang harus dijawab secara berurutan. Jika menjelang usia dua puluh tidak kuliah, akan banyak pertanyaan dan mungkin banyak juga yang menyayangkan. Apalagi kalau di usia itu sudah menikah dan segera punya anak, bisa-bisa banyak yang prihatin bahkan mungkin curiga, jangan-jangan MBA alias married by accident.

Hidup memang sungguh penuh warna, juga misteri. Kadang semua diluar rencana dan keinginan kita. Apapun masalah yang kita hadapi, apapun pertanyaan yang belum atau tak mampu kita jawab saat ini, yakinlah Allah sudah mempersiapkan jawabannya. Kita mungkin hanya diminta bersabar sedikit lagi……. Dan pasti ada kompensasi yang layak atas itu.

Hidup juga pilihan, termasuk untuk tidak mau menjawab semua pertanyaan di atas. Atau menjawabnya tidak secara berurutan. Yang pasti Allah Maha Baik dan ketentuanNya adalah yang terbaik. Semoga kita dimudahkan untuk senantiasa berprasangka baik dan bersyukur atas skenario indahNya, Aamiiin Yaa Robbalalamiin.....

4 komentar:

  1. i'm happy being 30 ternyata mbak :D

    BalasHapus
  2. Amin mbak... :) kalau saya di usia 30 ditanyanya sudah menikah blm? haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernikahan memang salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan Mbak Susan, terutama bagi perempuan :)

      Hapus

 
;