Kamis, 29 November 2012

Pesan dari Surga


Kawanku, pernahkah sejenak kau pikirkan, pesan yang kau kirim pada seorang temanmu seolah menjadi “pesan dari surga” baginya?

Pesan yang mungkin menjadi teman bagi mereka yang merasa tak berkawan, pelipur lara bagi mereka yang sedang berduka, menjadi inspirasi dan motivasi bagi mereka yang tengah mencari atau bahkan menjadi solusi bagi teman kita yang tengah dilanda masalah. Padahal, mungkin tak ada kata luar biasa yang kau tulis, mungkin kau hanya menjawab pertanyaan singkatnya, tapi itu seolah adalah pesan dari surga untuknya, dan kau adalah Malaikatnya…..

………

Minggu, 25 November 2012

Kata Hati Naura Untukku

Sebuah pertanyaan sederhana kuajukan pada Naura,

"Bolehkah Mama memeluk dunia Sayang?"

Dan bayi mungilku yang belum genap empat bulan itu, menjawab lewat tatap matanya. Caranya menjawab dengan suara hatinya yang paling dalam dan jujur.

Jumat, 23 November 2012

Gaji Pertamaku

Sumber Foto : shutterstock

Apa sih rasanya bekerja dan mendapatkan gaji tetap setiap bulannya?
Pertanyaan ini sering saya tanyakan kepada beberapa teman (perempuan) yang bekerja, ketika rasa jenuh dan bosan sebagai Fulltime Mom alias Ibu Rumah Tangga tengah mencapai titik klimaks.

Kamis, 22 November 2012

Buku “KAPOK”

Kapok No.1 : …….

Kapok No.2 : ……..

Kapok No.3 : ......

Kapok No.13 : Kapok masak soto, udah capek mikir menunya, capek belanjanya, capek masaknya, e..... cuma dimakan sedikit sama suami sambil dikomentari “rasanya koq aneh?”. Hmm, memang ini makanan alien? Males deh masak soto lagi...!!!


Kerang Masak Kecap Rasa Sandal Karet

Info Resep Membuat Sate Kerang Belawar
Foto by resepmasakankoki.info

Kali ini saya kena batunya. Lewat tumis kerang masak kecap yang keras dan kenyal seperti sandal karet, Allah memberi pelajaran sangat berharga pada saya bahwa menjadi seorang ibu (yang berusaha menjadi ibu) yang baik, ada seninya. The art of being mom.

Rabu, 21 November 2012

Ketika Pembantu Menjadi yang Nomor Satu di Hati Anak

Bagi sebagian wanita yang bekerja, menitipkan anak pada pembantu (pengasuh) seringkali menjadi pilihan yang tidak bisa ditawar. Beragam perasaan kerap berkecamuk, mulai sedih, khawatir, takut dsb, kala pilihan itu harus diambil. Inilah share beberapa teman yang menarik perhatian saya beberapa waktu lalu.

Senin, 19 November 2012

Perempuan Cenderung Menjadi Cerewet Setelah Menikah???

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin sering mendengar kalimat yang menyatakan sependiam-pendiamnya seorang perempuan, pasti akan cerewet kalau sudah menikah. Benarkah?

Saya sendiri belum pernah menemui kajian atau ulasan ilmiah tentang kebenaran hipotesa di atas. Tapi sepertinya koq iya juga ya☺ Coba deh kita perhatikan para perempuan di sekitar kita termasuk diri kita sendiri, para mommies, banyak indikasi yang mendukung pernyataan di atas. Sepertinya perempuan memang punya bakat dan talenta untuk lebih cerewet dari laki-laki ya?

Tips Sederhana Menang Lomba Menulis

Dari beberapa pengalaman memenangkan lomba menulis, saya menemukan formula sederhana untuk memperbesar peluang kita menang. Cara ini memang tidak menjamin saya pasti menang (saya sering juga kalah lho, sangat sering bahkan), tapi cara ini cukup efektif membuat proses menulis saya menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Sabtu, 17 November 2012

Life Begins at Thirty

Pagi ini tidak sengaja saya membaca sebuah catatan Jonru. Catatan lama sebenarnya, tapi tetap inspiraif menurut saya. Anda yang suka browse tentang menulis tentu sudah tidak asing dengan namanya. Ada yang menarik dari catatannya kali ini yakni ketika dia akan menerima sebuah pekerjaan dengan salah satu alasan untuk belajar, sang istri berkomentar : “Kamu terlalu tua untuk mulai belajar”. Dan Jonru menjawab : “Belajar tak mengenal usia”. Kalimat yang sangat inspiratif.

Jumat, 16 November 2012

Menjadi Katak Tuli di Facebook


Saya tersenyum sendiri pagi ini saat membayangkan betapa berwarnanya kehidupan kita di jagad maya bernama Facebook. Kita, yang mungkin tak pernah kenal sebelumnya, seperti hidup bertetangga saja. Padahal jarak kita bisa ratusan bahkan ribuan mil. Bagaimana relasi yang kita bangun kemudian sangat beraneka ragam, bergantung pada bagaimana kita membangun karakter melalui status atau apapun yang kita posting di sini.

Belajar dari Kekalahan XL Award

Pada XL Award 2010 lalu, Alhamdulillah saya menjadi salah satu pemenangnya (tulisan bisa dilihat di http://ririnhandayani.blogspot.com/2012/11/eknologi-seluler-dan-momentum.html). Kemenangan yang tidak terduga sekaligus tidak terlalu mengejutkan sebenarnya. Karena saya sempat berpikir tidak akan menang (mengingat banyak tulisan peserta lain yang bagus-bagus) dan seperti biasa saya lebih mempersiapkan diri untuk kalah. Bagi saya, selain sebagai anugerah dan kemurahan-Nya, kemenangan pada XL Award 2010 adalah pembuktian bahwa kita bisa belajar banyak pada kekalahan-kekalahan sebelumnya.

Membaca Bakat Emas Anak Sejak Dini

Setiap anak, jika kita perhatikan, umumnya punya cita-cita sejak usia sangat dini. Dari yang sederhana, koki misalnya, hingga yang luar biasa, misalnya jadi superman. Seiring waktu, cita-cita itu terkadang hanya sebatas impian masa kecilnya. Pada usia remaja, bisa jadi mereka menekuni hobi baru. Atau bahkan ketika dewasa mereka akan bekerja di bidang yang bertolak belakang atau tidak memiliki hubungan sama sekali dengan cita-citanya sewaktu kecil. Uniknya, bakat anak ternyata bisa “dibaca” sejak dini saat mereka masih anak-anak.

Bahagia Jadi “Istri Kedua”

Tiba-tiba teringat percakapan beberapa tahun lalu, di sebuah diskusi rutin setiap Ahad pagi. Suasana berbeda karena ada kabar bahagia dari seorang senior yang akan menyempurnakan separuh Dien-nya. Konon, si senior ini berazzam menikah di awal usia 20-an. Berbagai proses telah dicoba, doa apalagi. Sudah sangat maksimal. Tapi, kehendak Allah adalah misteri yang sukar diterka. Ia baru menemukan sang ”pasangan jiwa” saat usianya sudah kepala tiga. Berarti, lebih dari sepuluh tahun ia menunggu. Sebuah penantian yang sangat panjang …….

Teknologi Seluler dan Kebangkitan Peran Perempuan

Sumber Foto : Web Merdeka

 Teknologi seluler telah mengubah secara radikal relasi sosial dan memberi perubahan sangat luar biasa dalam kehidupan masyarakat. Sebuah keadilan dan pemerataan dalam berkomunikasi telah tercipta. Simpul-simpul yang dulu menutup akses sejumlah orang terhadap berbagai kesempatan, kini mulai terbuka. Fisik dan geografis menjadi semakin tak berjarak, secara sosialpun masyarakat semakin tak bersekat. Sebuah kemajuan yang sangat patut disyukuri karena dengan begini terbuka kesempatan lebih luas bagi kelompok masyarakat bawah dan terpinggirkan untuk mengejar ketertinggalannya. Salah satu segmen masyarakat yang menemukan momentum kebangkitannya adalah kaum perempuan.

The Crisis at Thirty

Apa yang paling membanggakan di  usia tiga puluh……?

Menjelang usia duapuluh, sepertinya pertanyaan yang paling sering dilontarkan adalah “Kuliah di mana? Ambil jurusan apa?”. Ya, di usia ini hal yang paling membanggakan nampaknya adalah studi.

Mewaspadai Early Childhood Education

Seolah menjadi tren, kini semakin banyak orang tua cenderung menyekolahkan putra-putrinya lebih awal (early childhood education). Tak heran jika menjelang tahun ajaran baru seperti sekarang, Playgroup (PG) dan Taman Kanak-kanak (TK) ramai diserbu orang tua. Masing-masing ingin memberi pendidikan terbaik untuk anak-anaknya meski harus merogoh kocek dalam-dalam.


Prospek dan Tantangan Bisnis Ritel Makanan Tradisional

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan kuliner sangat luar biasa baik ragam maupun cita rasanya. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing. Dari yang tradisional hingga berbagai varian baru hasil eksperimen dan modifikasi. Beberapa daerah bahkan memiliki lebih dari satu makanan khas. Kota Jember misalnya, kota di mana penulis tinggal.

Strategi Memenangkan Kompetisi Menulis

Ada beberapa teman yang menjuluki saya spesialis juara dalam kompetisi menulis. Saya amini saja anggapan itu sebagai prasangka baik sekaligus doa. Pada kenyataannya, kekalahan dan kegagalan saya jauh lebih banyak dari kemenangan yang berhasil saya raih. Anggapan itu muncul mungkin karena secara kebetulan, beberapa kompetisi yang saya menangi adalah kompetisi yang agak “wah”, dari segi peserta, penjurian dan mungkin terutama sekali hadiahnya.

Dalam tulisan ini saya ingin sedikit berbagi cerita, bagaimana strategi saya dalam mengikuti kompetisi menulis. Pertama, saya cukup selektif, baik dari segi tema, kepesertaan dan terutama sekali levelnya. Untuk tema, saya harus benar-benar suka atau tertarik atau temanya berkaitan dengan bidang studi dan minat saya. Untuk kepesertaan, saya merasa tertantang untuk ikut kompetisi di mana untuk menang, saya memang harus benar-benar berjuang.


One Wish Three Jobs

Sasha pulang agak terlambat siang itu karena harus mengikuti kelas ”akselerasi” untuk mengejar beberapa pelajaran yang tertinggal karena beberapa kali tidak masuk sekolah. Begitu keluar dari kelas, saya segera menggamit tangannya tapi dia jalan melambat seperti kura-kura. Pasti ada maunya nih anak, duga saya dalam hati.

”Ayo mbak, dek naura nanti nangis lho” kata saya sambil berjalan cepat menuju tempat parkir. Saya sudah meninggalkan Naura hampir setengah jam dan kepanasan di gerbang sekolah berpuluh menit. Mana saya tau Sasha akan ikut kelas akselerasi.

Kamis, 15 November 2012

Tantangan Menulis 1000 Kata.....!

Eitsss, ini bukan lomba lho, walau judulnya pake kata "tantangan".....:) ini hanya sebuah trik menulis yang menurut pengalaman pribadi saya dalam beberapa bulan terakhir, cukup efektif membantu proses belajar menulis saya. Terutama untuk jenis tulisan non fiksi.


Selasa, 13 November 2012

Stigma Pengangguran bagi Ibu Rumah Tangga

Aku termasuk wanita yang sangat beruntung memiliki kesempatan menjadi fulltime mom bagi anak-anakku khususnya di masa kecil mereka. Dua putriku, Sasha (8 tahun) dan Naura (4 tahun), hampir sepenuhnya kurawat sendiri sejak hari pertama mereka membuka mata hingga saat ini. Memandikan, menyuapi, mengajak bermain, juga memarahi, hehe. Sungguh, betapapun menjadi dan menjalankan peran sebagai ibu adalah hal yang sangat indah dan membanggakan, ia bukan pekerjaan yang mudah. Justru sangat berat dan rawan stress.

Senin, 12 November 2012

Keluar dari Zona Nyaman.....

Hari-hari terakhir terasa begitu cepat berlalu. Waktu seolah berlari. Bukan karena ia seindah pelangi, tapi terlalu pahit untuk dirasa lama-lama. Seperti meminum obat yang sangat pahit, saya menghilangkan separuh kesadaran saya dan membuat separuh jiwa saya yang lain menjadi amnesia, saat meminumnya. Agar "pil pahit" itu tidak terlalu menyiksa.


Bersedekah Ala Fesbuk

Facebook memang sangat kreatif. Salah satunya ia bisa jadi ajang bersedekah. Pastinya tidak pakai koin atau uang kertas. Tidak juga dengan senyuman (senyum kan juga sedekah). Tapi pakai jempol alias ngeklik "like".

Kamis, 08 November 2012

Dahsyatnya Menulis di Media....

Hari ini, secara tidak sengaja saya membaca beberapa status, note maupun artikel di blog yang membahas tentang menulis opini di media massa. Saya jadi teringat bagaimana kesan pertama dan efek dari dimuatnya tulisan saya di sebuah media beberapa waktu lalu. Memang luar biasa......:)

Rabu, 07 November 2012

Menyoal Indonesia Maid on Sale

Suara Karya, 8 November 2012

Permasalahan seputar Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia kembali mencuat. Kali ini terkait heboh soal pemunculan iklan Indonesia Maid on Sale. Iklan ini tentu saja menuai kecaman dari banyak pihak, terutama dari pemerintah dan masyarakat Indonesia bahkan juga dari pemerintah dan publik di Malaysia.Bagaimana tidak, iklan itu seolah menjadikan pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia seperti barang dagangan yang dengan mudah dapat diperjualbelikan. Sebuah iklan yang menyiratkan bentuk perbudakan modern. Tidak hanya bertentangan dengan prinsip-prinsip kemanusiaan namun juga bertentangan dengan kesepakatan Malaysia-Indonesia tentang perlindungan TKI yang masih berlangsung hingga sekarang. 

Selasa, 06 November 2012

Ketika Cinta Tak Lagi Berwarna Merah Jambu

Saat awal-awal menikah dulu, jika aku marah atau bersedih, suamiku akan segera ke toko bunga, membeli beberapa tangkai mawar, lalu memberinya padaku sambil berkata : "Maafkan Aku!" So sweet. Padahal belum tentu dia salah atau menjadi penyebab kemarahan dan kesedihanku.Atau kalau dia lagi gak punya uang untuk beli bunga, dia akan menulis di buku harianku : I Love U, Honey

Minggu, 04 November 2012

Setiap Kita adalah 'Ketua KPK'

Korupsi di negeri ini terlalu akut untuk dibebankan pada satu pundak. Sehingga, jika saya menjadi Ketua KPK, hal pertama dan utama yang akan saya lakukan adalah mengajak semua pihak bersinergi dalam upaya pemberantasan korupsi di semua lini kehidupan. Setiap dan semua orang harus memosisikan dirinya sebagai ‘Ketua KPK’ di manapun dan dalam kapasitas apapun mereka. Bahkan seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) sekalipun.

Sabtu, 03 November 2012

Di Balik Kemenangan : Antara Baby dan Kompetisi


Perkiraan persalinan melalui operasi Caesar karena posisi bayi yang sungsang membuat saya mengabaikan skripsi yang sebenarnya hanya tinggal revisi sedikit lagi sebelum maju ujian. Persyaratan administrasi ujian bahkan sudah saya urus, namun ketakutan akan menjalani persalinan pertama apalagi dengan perkiraan operasi, membuat saya sangat khawatir dan ketakutan. Untuk yang satu ini saya benar-benar menyerah.

Jumat, 02 November 2012

Aku Pasti Bisa!

Saya menikah ketika masih aktif kuliah. Mungkin inilah salah satu revolusi terbesar lain dalam hidup saya. Di sela-sela masa kehamilan dengan morning sick yang cukup parah, saya memulai mengerjakan tugas akhir skripsi. Kebetulan pada waktu itu, Media Indonesia, Metro TV dan BBC Siaran Indonesia mengadakan lomba menulis untuk mahasiswa.

Kamis, 01 November 2012

Penulis Besarpun Pernah Gagal


Tidak ada orang besar yang tiba-tiba menjadi besar tanpa berproses. Bahkan beberapa di antaranya yang melegenda harus mengalami kegagalan berulang kali. Salah satu contoh yang sangat mengesankan saya adalah kisah Soichiro Honda. Semangatnya untuk tidak menyerah menghadapi kegagalan demi kegagalan bahkan kehancuran demi kehancuran, sangat luar biasa. 

 
;